Jumat, 18 November 2011

Jenis² Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Pada artikel jenis-jenis jaringan komputer ini, saya mencoba membedakan jenis-jenis jaringan komputer yang umum kita jumpai dan jenis-jenis jaringa komputer yag mungkin saja tidak pernah kita jumpai karena type semacam itu jarang di gunakan, oleh karena itu saya spesikasikan kepada jenis-jenis jaringan komputer lainnya.
jenis-jenis Jaringan Komputer secara umum dibagi dalam 2 kelompok, yaitu
  • Jenis-jenis Jaringan Komputer Peer-to-peer.
  • Jenis-jenis Jaringan Komputer Klien /Server.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer


jenis jaringan komputer peer to peer
Pada artikel bagian Jenis-jenis Jaringan komputer ini untuk jaringan  Komputer Peer to Peer, dalam jaringan komputernya tidak memiliiki server khusus atau hirarki antara komputer.  Semua komputer sama dan karena itu dikenal sebagai peer.  Biasanya setiap komputer berfungsi sebagai Client / Server dan tidak ada satpunu ditugaskan untuk menjadi administrator bertanggung jawab untuk seluruh jaringan atau seluruh jenis-jenis jaringan komputer. Jenis jaringan komputer Peer-to-peer adalah pilihan yang ter baik untuk kebutuhan organisasi kecil di mana pengguna dialokasikan di wilayah umum yang sama, dimana keamanan tidak menjadi masalah.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer client server
Dibagian Jenis-jenis Jaringan komputer untuk Komputer Klien Server atau pada jenis jaringan komputer ini diistilahkan jaringan Komputer berbasis Serve. Istilah pada jenis-jenis jaringan komputer untuk jaringan Klien / server mengacu pada konsep berbagi pekerjaan yang terlibat dalam pengolahan data antara komputer klien dan komputer server yang paling kuat. Jaringan komputer klien / server adalah cara yang paling efisien untuk menyediakan: Database dan pengelolaan aplikasi seperti Spreadsheet, Akuntansi, Komunikasi dan manajemen dokumen, manajemen jaringan komputer. Sentralisasi penyimpanan file. Model client / server pada dasarnya merupakan implementasi dari pengolahan terdistribusi atau koperasi.  Di jantung dari model ini adalah konsep fungsi aplikasi membelah antara klien dan prosesor server.  Pembagian kerja antara prosesor yang berbeda memungkinkan desainer aplikasi untuk menempatkan fungsi aplikasi pada prosesor yang paling sesuai untuk fungsi tersebut.  Hal ini memungkinkan desainer perangkat lunak mengoptimalkan penggunaan prosesor – hingga  memungkinka kembalinya  atas investasi  terbesar untuk perangkat keras. Pengguna sering tidak tahu di mana eksekutor aplikasi.  Seluruh fungsi dapat dieksekusi baik dalam PC atau server, atau fungsi dapat dibagi di antara mereka.  Ini  pelaksana fungsi aplikasimasking lokasi memungkinkan sistem untuk meng-upgrade bagian dari sistem dari waktu ke waktu dengan gangguan minimum pengooperasian aplikasi, sekaligus melindungi investasi di hardware dan software yang ada

 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Lainnya

Jaringan Kompter MODEL OSI

Penjelasana mengenai artikel Jenis-Jenis Jaringan Komputer Lainnyai adalah jaringan komputer Model OSI. Dalam sistem jaringan komputer, satu standar komunikasi berhasil dibentuk. Model ini disebut OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI), yang dirancang oleh International Standar Organization pada tahun 1974 (setengah pendapat mengatakan tahun 1978). Disetujui pada tahun 1983 untuk berlaku oleh semua produsen. Apakah jaringan lokal (LAN), kota (WLAN) atau metropolitan (MLAN), semuanya berbasis lapisan model OSI.
Dengan jenis jaringan komputer model OSI itu, setiap produsen menginginkan sesuai standar tersebut untuk memudahkan peralatan yang dibuat  bisa berkomunikasi dengan peralatan yang dikeluarkan oleh produsen lain.
Jenis-Jenis Jaringan Komputermodel osi

jenis jaringan komputer model osi
Di dalam artikel jenis-jenis jaringan komputer untuk jaringan komputer Model OSI, dikenal ada tujuh lapisan (seven layer). Setiap lapisan tidak menghiraukan lapisan yang lain. Tetapi setiap lapisan memiliki kolerasi yang kuat dan setiap lapisan itu disebut lapisan protokol. Model OSI (Open Systems Interconnection – saling sambungan sistem terbuka) Model OSI adalah satu panduan dan bukannya satu perangkat lunak atau perangkat keras. Ia digunakan sebagai referensi untuk dipatuhi oleh semua produsen perangkat lunak dan perangkat keras agar produk mereka dapat terhubung ke sistem jaringan tanpa masalah. OSI dapat diibaratkan sebagai satu kebijakan keamanan dunia yang harus diikuti oleh semua negara agar dunia ini aman.
Meskipun kenyataannya keamanan global sulit diperoleh. Begitu juga dengan model OSI ini, ada juga ketidak serasian terjadi di dalam produksi produk yang berbeda. Maka ketika kita membeli sesuatu produk pastikan kita mengetahui sejauh mana peralatan itu sesuai standar dan perbedaan antara peralatan yang akan terhubung kepadanya. Biasanya produk seperti Cisco memiliki protokolnya sendiri yang hanya ada pada peralatan mereka. Pengetahuan tentang OSI perlu diketahui oleh siapa juga yang ingin mendalami sistem jaringan. Ini karena setiap lapisan memiliki fungsi tertentu yang akan melibatkan operasi sistem jaringan. Kenapa pula? Sebab tujuan dibentuk Model OSI adalah untuk kesepakatan di dalam berkomunikasi melalui sistem jaringan.
Bayangkan kalau, Contoh: AChong berbicara menggunakan bahasa mandarin kepada Robih, tentu saja Robih tidak paham  apa yang dikatakan oleh  AChong. Oleh karena itu AChong dan Robih harus menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan mereka.
dalam artikel jenis-jenis jaringan komputer ini telah disebutkan diatas bahwa pada jaringan komputer model OSI ini terdapat  tujuh lapisan pada jaringan komputernya yaitu: lapisan fisik, lapisan data link, lapisan jaringan, lapisan transport, lapisan sesi, lapisan presentasi, dan lapisan aplikasi.
  1. Physical: Lapisan paling dasar dalam sebuah jaringan. Dasar komunikasi menggunakan kombinasi bit (0 dan 1) dan bergerak dari satu node (PC atau perangkat komunikasi lainnya) ke node yang lain.
  2. Data Link: Kerangka kombinasi bit dan bergerak dari satu hope (halte sebuah node) ke hope yang lain.
  3. Network: Kombinasi beberapa kerangka dalam sebuah paket (packet) dan berkomunikasi antara source host dan tujuan host.
  4. Transport: Pengiriman pesan yaitu komunikasi secara langsung antara sesuatu proses dengan proses yang lain (Jaringan PC Anda dengan PC teman Anda).
  5. Session: lapisan ini membantu keluar dengan tugas untuk membawa informasi dari satu node (workstation) ke node lain (workstation). Sesi harus dibuat sebelum kita dapat transportasi informasi ke komputer lain.
  6. Presentation: Terjemahan dan mengenkripsi informasi atau data yang dikirim dari sebuah PC ke PC yang lain.
  7. Application: Lapisan paling atas. Mengizinkan komunikasi satu sama lainya pada   jaringan komputer
demikian gambaran jenis-jenis jaringan komputer ini, semoga bisa memberi gambaran mengenai jenis-jenis jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer lainnya.

Sumber : http://www.jaringankomputer.org/jenis-jenis-jaringan-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar